Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak

Authors

  • Hasbullah Hasbullah Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110

Keywords:

Potensi anak, Peran orang tua, Peran pendidik

Abstract

Artikel ini membahas peran penting yang dimainkan oleh orang tua dan pendidik dalam mengembangkan potensi anak. Potensi anak mencakup aspek kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Dengan memahami peran kunci orang tua dan pendidik, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal anak-anak. Dalam  penelitian  ini metode   yang   digunakan   adalah   studi   kepustakaan.   Metode   pengumpulan   data   dilakukan   melalui   cara mengumpulkan penelitian terdahulu terkait penelitian seperti buku, jurnal, dan substansi lainnya. Pada penelitian ini  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  peran  orang  tua dalam melejitkan potensi Anda melalui 1) Memberikan Dukungan Emosional, 2) Memberikan Panduan dan Batasan, 3) Memberikan Pendidikan Nilai, 4) Mendorong Keterlibatan dalam Aktivitas Positif. Sedangkan peran pendidik dalam melejitkan potensi anak melalui 1) Mengidentifikasi Potensi Individu, 2) Memberikan Pengajaran yang Diferensial, 3) Mendorong Kreativitas dan Inovasi, 4) Memberikan Dukungan Psikososial.

References

Ali, M & Asrori, M. Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Alif, Siti Maemunawati dan Muhammad. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran Strategi KBM di Masa Pandemi. Banten : 3 M Media Karya Serang, 2020.

Anik Lestariningrum & Dkk. Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Madiun: Bayfa Cendekia, 2021.

Anne-Marie Boudreault-Boucharda, et al,. “Impact of parental emotional support and coercive control on adolescents’ self-esteem and psychological distress: Results of a four-year longitudinal study.” Impact Of Parental Practices On Adolescents, 2013.

Dimyati, Azima. Pengembangan Profesi Guru. Lampung : CV Gre Publshing, 2019.

Dzaki Muhammad, dkk. Guru Masa Depanku. Tasikmalaya : EDU Publisher, 2019.

E. Mulyasa. Menjadi Pendidik Profesional, . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Komala. “ Stimulasi Melejitkan Potensi, Minat Dan Bakat Pada Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi, Vol.3, No.2, 2017 .

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif. Jakarta: Depublish, 2020.

Masni, Harbeng. “Urgensi Pendidikan Dalam Mengembangkan Potensi Diri Anak.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol. 8, No. 2, 2018.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Nafi’ah, Zulfa Ulinnuha, Saifulah and Muhammad Solikhudin. ““Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” .” Impressive: Journal of Education Vol. 1, No. 3, 2023.

Rijkiyani dkk. “ Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age.” Jurnalbasicedu, Volume 6 Nomor 3, 2022.

Sarkawi, Ahmad. “Melejitkan Potensi Anak Dalam Keluarga,.” Turãst: Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol. 4, No. 2, 2016.

Siti Napsiyah, Ratu Fazrha Bunga Arcadia, Daffa Fadillah Syafa’at, Firdha, Putri Puspita, Muhammad Naufal Ardiansyah, Riani Rifa Amalia. “Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of ChangeDalam Mengembangkan Potensi Pemuda Di Kampung Krajan Desa Simpang.” Jurnal Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial, Vol. 4, No. 2, 2023.

Sujarwo. “ Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini, .” Diklus, Volume 14, Nomor 1, 2010.

Susilawati, N.,. “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Berbakat (Gifted). J.” urnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 2, , 2020.

Wijaya, Lusi. “Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan.” JMI, Volume 2 Nomor 6. , 2023.

Wildan Nur Hidayat, Mukh. Nursikin. “Konsep Pendidikan Nilai Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Nicolaus Driyarkara.” Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 4 Nomor 1, 2023.

Wiwik Dyah Aryani, Iis Salsabilah, H. E. S Mubarok, Saripudin, Dudung Ali Nurdin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual (Kajian Studi Literasi Pada Quran Surat Luqman Ayat 16, 17, 18 dan 19).” Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, Vol. 2 No. 2 , 2022.

Wulandari, Vani,. Nunung Nurwati. “Hubungan Kekerasan Emosional Yang Dilakukan Oleh Orangtua Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian & Pengabdian Masyarakat Universitas Padjajaran. Vol 5, No.2, 2018.

Yuyun Fitriani, Sigit Setioko, Mirnawati, Maulana Yusuf, Henny Widya Putri, Asih Setiani, Elva Delvina, Lawrenta Catrina. “Peran Posyandu Sebagai Pelayanan Dasar Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Jaya Asri.” BATIK, Vol. 1, 2023.

Zahruddin, Makmun. “Strategi Pengenalan Potensi Anak.” Fuaduna: Jurnal Kajian Kegamaan Dan Kemasyarakatan, Vol. 2, No. 2, 2018.

Downloads

Published

24-01-2024

How to Cite

Hasbullah, H., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 55–71. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110

Issue

Section

Articles