Literasi Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI Agama Materi Pernikahan Dalam Islam MAN Model 1 Manado

Authors

  • Rahmawaty Alkatiri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

DOI:

https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.136

Keywords:

Digital literacy, Jurisprudence learning

Abstract

This research is Classroom Action Research (PTK). The research subjects were students of class XI Religion MAN Model 1 Manado. The population in this study were students of class XI Religion MAN Model 1 Manado. The number of students in class ), and 4) Reflection Stage (Reflecting). The use of digital literacy in research refers to or adapts the demonstration learning method with the Explicit Instruction learning model. The improvements made by the researcher in cycle II provided an increase in student learning outcomes so that there was 1 student remaining who had not achieved a completeness score in learning Islamic jurisprudence material on marriage with a normalized gain calculation value = 0.25 in the low category and a percentage increase in learning outcomes of 80% to 96 % of students who achieved a completion score. In other words, there has been an increase in student learning outcomes in learning Islamic jurisprudence material on marriage by using digital literacy.

References

Arifah, Fita Nur, Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru, Yogyakarta: ARASKA, 2017

Ayu, Mustika, Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Fikih Di Man 1 Aceh Barat, Tesis Program Magister Pendidikan.Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan. Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Tahun 2021

Chaniago, Nasrul Syakur, Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2018

Dinata, Karsoni Berta, Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring, Jurnal Eksponen, Vol. 11 No. 1, April 2021

Elpira, Bella, Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh, skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2018, http://library.ar-raniry.ac.id

Hardini, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta: Familia, 2012

Ibrahim, Een, Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA/MA Kelas X Semester Genap Menggunakan Model REACH Berbasis Kontekstual, Tesis. Gorontalo: Universitas Negri Gorontalo, 2018

Kurniasih, Imas, Revisi Kurikulum 2013 ImplementasiKonsep dan Penerapan, Jakarta: Kata Pena, 2016

Martani, Wishnu, Metode Stimulasi Dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini, Jurnal Psikologi Vol. 39, No. 1 Tahun 2012 https://doi.org/10.22146/jpsi.6970

Miaz, Yalvema, Metode penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen Padang: UNP Press Padang, 2015

Musfiqon, HM. Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015

Mustofa, Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan Di Zaman Now, Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol. 11, No. 1, Tahun 2019

Nasionalita & Nugroho, Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 18, No. 1, Tahun 2019 https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075

Ngalimun, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, Yogyakarta: ParamaIlmu, 2018

Nurjanah & Yanto, Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E-Resources, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, Vol. 3, No. 2, Tahun 2017

Nurjanah & Yanto, Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E-Resources, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, Vol. 3, No. 2, Tahun 2017

Puspito, Danang Wahyu, Implementasi Literasi Digital dalam Gerakan Literasi Sekolah, In Konferensi Bahasa dan Sastra II, Semarang, 2017

Sujana, Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana, In Current Research in Education: Conference Series Journal Vol. 1, No. 1, 2019

Suryani, Nunuk dkk, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018

T Shopova, Digital Literacy Of Students And Its Improvement At The University. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 2014, h. 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Downloads

Published

28-07-2024

How to Cite

Alkatiri, R. (2024). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas XI Agama Materi Pernikahan Dalam Islam MAN Model 1 Manado . Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 168–190. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.136

Issue

Section

Articles