Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis
DOI:
https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35Keywords:
Taksonomi Bloom, Evaluasi Pembelajaran, Mutu Pendidikan TinggiAbstract
Evaluasi pembelajaran sangat penting untuk mengetahui berjalan atau tidaknya suatu sistem pembelajaran oleh pendidik. Dalam merancang evaluasi pembelajaran, pendidik juga harus memperhatikan prinsip-prinsip dasar evaluasi dan persyaratan yang harus diperhatikan. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa yang berpartisipasi dalam semua program pendidikan yang direncanakan.
Masalah dalam penelitian ini adalah konsep, fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran dengan mengambil salah satu mata kuliah yaitu pengantar akuntansi Ruang lingkup penelitian ini adalah konsep, fungsi dan tujuan dari evaluasi pembelajaran dengan waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2021. Subjek penelitian adalah mata kuliah pengantar akuntansi dengan RPS sebagai sumber data sekunder.Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah, a) penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom pada mata kuliah evaluasi pembelajaran akuntansi ini dapat meningkatkan kemampuan berfikir abstrak mahasiswa akuntansi program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Pringsewu. 2) Penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah evaluasi pembelajaran akuntansi dan 3) Peningkatan kemampuan berfikir abstrak mahasiswa terhadap mata kuliah pengantar akuntansi setelah penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom meningkat
Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Taksonomi Bloom Mutu Pendidikan Tinggi
References
Braun, M. (2017). Comparative evaluation of online and in-class student team presentations. Journal of University Teaching and Learning Practice, 14(3). https://doi.org/10.53761/1.14.3.3
Ekayana, A. A. G. (2021). User Experience Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Blended Learning Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1). https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.939
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(1).
Fendler, R. J., Ruff, C., & Shrikhande, M. (2016). Evaluating Characteristics of Top and Bottom Performance: Online Versus In-Class. American Journal of Distance Education, 30(2). https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1153350
Fachri, M. (2018). URGENSI EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1), 64–68.
Hoque, M. E. (2016). Three Domains of Learning: Cognitive, Affective and Psychomotor. The Journal of EFL Education and Research, 2(February)
JH, S., & Baderiah, B. (2020). Learning Evaluation Management. International Journal of Asian Education, 1(2), 61–72. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.3
Juariyah, B. dan S. (2010). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(April).
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1).
Marcos, C. (2021). Unit One : the Concepts of Test , Measurement , Assessment and Evaluation in Education. Education, 2021(Pde 105).
Sözen, E., & Güven, U. (2019). The Effect of Online Assessments on Students’ Attitudes Towards Undergraduate-Level Geography Courses. International Education Studies, 12(10). https://doi.org/10.5539/ies.v12n10p1
Warsita, B. (2019). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGENDALIAN KUALITAS. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Musarwan, Idi Warsah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








