Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis

Authors

  • Musarwan Musarwan Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Idi Warsah Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Keywords:

Taksonomi Bloom, Evaluasi Pembelajaran, Mutu Pendidikan Tinggi

Abstract

Evaluasi pembelajaran sangat penting untuk mengetahui berjalan atau tidaknya suatu sistem pembelajaran oleh pendidik. Dalam merancang evaluasi pembelajaran, pendidik juga harus memperhatikan prinsip-prinsip dasar evaluasi dan persyaratan yang harus diperhatikan. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa yang berpartisipasi dalam semua program pendidikan yang direncanakan.

Masalah dalam penelitian ini adalah konsep, fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran dengan mengambil salah satu mata kuliah yaitu pengantar akuntansi Ruang lingkup penelitian ini adalah konsep, fungsi dan tujuan dari evaluasi pembelajaran dengan waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2021. Subjek penelitian adalah mata kuliah pengantar akuntansi dengan RPS sebagai sumber data sekunder.Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah, a) penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom pada mata kuliah evaluasi pembelajaran akuntansi ini dapat meningkatkan kemampuan berfikir abstrak mahasiswa akuntansi program studi manajemen Universitas Muhammadiyah Pringsewu. 2) Penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah evaluasi pembelajaran akuntansi  dan 3) Peningkatan kemampuan berfikir abstrak mahasiswa terhadap mata kuliah pengantar akuntansi setelah penerapan alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom meningkat

Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Taksonomi Bloom Mutu Pendidikan Tinggi

References

Braun, M. (2017). Comparative evaluation of online and in-class student team presentations. Journal of University Teaching and Learning Practice, 14(3). https://doi.org/10.53761/1.14.3.3

Ekayana, A. A. G. (2021). User Experience Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Blended Learning Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1). https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.939

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Fendler, R. J., Ruff, C., & Shrikhande, M. (2016). Evaluating Characteristics of Top and Bottom Performance: Online Versus In-Class. American Journal of Distance Education, 30(2). https://doi.org/10.1080/08923647.2016.1153350

Fachri, M. (2018). URGENSI EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1), 64–68.

Hoque, M. E. (2016). Three Domains of Learning: Cognitive, Affective and Psychomotor. The Journal of EFL Education and Research, 2(February)

JH, S., & Baderiah, B. (2020). Learning Evaluation Management. International Journal of Asian Education, 1(2), 61–72. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.3

Juariyah, B. dan S. (2010). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(April).

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1).

Marcos, C. (2021). Unit One : the Concepts of Test , Measurement , Assessment and Evaluation in Education. Education, 2021(Pde 105).

Sözen, E., & Güven, U. (2019). The Effect of Online Assessments on Students’ Attitudes Towards Undergraduate-Level Geography Courses. International Education Studies, 12(10). https://doi.org/10.5539/ies.v12n10p1

Warsita, B. (2019). EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGENDALIAN KUALITAS. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581

Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310

Downloads

Published

08-08-2022

How to Cite

Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 186–199. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Issue

Section

Articles