Internalisasi Pendidikan Karakter Pelajar Melalui Pembentukan Revolusi Mental
DOI:
https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.38Keywords:
Internalisasi, Pendidikan Karakter Pelajar, Revolusi MentalAbstract
Pendidikan merupakan suatu sistem yang teratur dan mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang bertalian dengan perkembangan fisik, kesehatan, keterampilan, pikiran, perasaan, kemauan, sosial sampai kepada masalah kepercayaan atau keimanan, khususnya terhadap mereka yang masih dalam tahap perkembangan dalam transisi yang mencari identitas diri. 1) Mengembangkan potensi dasar peserta didik agar ia tumbuh menjadi sosok yang berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik, 2) Memperkuat dan membangun perilaku masyarakat yang multikultur, dan 3) Meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif. Ciri - Ciri Dasar Pendidikan Karakter : 1) Keteraturan interior dimana setiap tindakan diukur berdasarkan herarki nilai, 2) Koherensi, dan 3) Otonomi. Dasar Revolusi Mental Pelajar, Revolusi mental mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan kemoderenan, sehingga menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa - bangsa lain di dunia. Sistem persekolahan sebagai turunan dari sistem pendidikan harus mampu menumbuhkan budaya sekolah yang kondusif bagi penciptaan revolusi pendidikan lingkungan belajar yang baik bagi siswa. Peranan Guru dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembentukan Revolusi Mental untuk Melahirkan Generasi Emas Pelajar : 1) Learning to know atau learning to, 2) Learning to do Learning to be, and 3) Learning to live together.
References
A.Qodri Azizy. Melawan Globalisasi; Reinterpretasi Ajaran Islam, Persiapan SDM, dan Terciptanya Masyarakat Madani (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2004)
Abdul Majid. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Bandung : Remaja Rosdakarya. 2010)
Abdullah Munir. Pendidikan Karakter (Yogyakarta: Pedagogia. 2010)
Akbar, Ali Ibrahim. Pendidikan Karakter. (USA : Harvard University. 2000)
Ali Rohmad. Kapita Selekta Pendidikan (Yogyakarta: Teras, 2004)
Ari Ginanjar Agustian. Rahasia Membangkitkan Emosional Spiritual Quetiont Power (Jakarta : Arga. 2006)
Departemen Agama, Kendali Mutu. Pendidikan Agama Islam (Jakarta : Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 2001)
Djudjun Djaenudin Supriadi, “Program Pendidikan Karakter di Lingkungan BPK PENABUR Jakarta,” dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Nomor 10, Tahun ke 7, Juni 2008
Doni Koesuma. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger (Jakarta: Grasindo, 2009)
Heri Gunawan. Pendidkan Karakter (Bandung : Alfabeta. 2012)
M. Mastuhu. Sistem Pendidikan Nasional Visioner. (Tangerang : Lentera Hati. 2007)
Sofyan Sauri, “Membangun Bangsa Berkarakter Nilai Iman dan Taqwa dalam Pelajaran”, dalam Makalah, disampaikan pada Acara Seminar Nasional Pendidikan Karakter-Nilai pada 28 Juli 2010 di Ruang Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudirman N. Ilmu Pendidikan (Bandung : Remaja Rosdakarya.1992)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eni Rahmawati, Ilyas Rozak Hanafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








