Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Kepuasan Nasabah Baitul Maal Wa Tamwil

Authors

  • May Roni
  • Sri Ismulyaty Universitas Terbuka UPBJJ Bandar Lampung
  • Muhammad Khanifuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ma’arif Kalirejo
  • Mohammad Fauzi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ma’arif Kalirejo

DOI:

https://doi.org/10.58561/margin.v1i2.45

Keywords:

kualitas pelayanan, pemasaran, kepuasan nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pemasaran terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT Assyafi’iyah Pringsewu 2021. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau Field Research dengan meneliti langsung pada obyek yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan mengunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara persial terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT Assyafi’iyah Cabang Sukoharjo, dilihat dari nilai thitung > ttabel (3,217 > 1,984). Kemudian variabel pemasaran tidak berpengaruh signifikan secara persial terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT Assyafi’iyah Cabang Sukoharjo, dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (1,572 < 1,984). Penelitian ini juga membuktikan bahwa kualitas pelayanan dan pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah KSPPS BMT Assyafi’iyah Cabang Sukoharjo, dimana Fhitung > Ftabel (10,831 > 3,09).

References

Muhammad Ridwan, Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil, (Yogyakarta: UII Press, 2004)

Miftahuddin, Manajer Marketing KSPPS BMT Assyafi’iyah Cabang Sukoharjo, Wawancara, Sukoharjo, 27 Juli 2021

Philip Kotler, Marketing Manajemen, ( New Jersey: Prentice Hall, 2000)

Malayu S.P. Hasibuan, Dasar-Dasar Perbankan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)

Muhammad, Managemen Bank Syari’ah, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011)

Murti Sunarti, Manajemen Pemasaran Bank Edisi Revisi, (Yogyakarta: Liberti Yogyakarta, 2002)

Puguh Suharsono, Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis

Agus Eko Sujianto, Aplikasi Statistik SPSS 16.0, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009)

Sofian Siregar, Statiska Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, (Jakarta: Rajawali Press, 2014)

Suharyadi Purwanto S.K, Statistika: untuk Ekonomi & Keuangan Modern, (Jakarta: Salemba Empat, 2004

Downloads

Published

26-09-2022

How to Cite

Roni, M., Ismulyaty, S., Khanifuddin, M., & Fauzi, M. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Kepuasan Nasabah Baitul Maal Wa Tamwil. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1(2), 125–135. https://doi.org/10.58561/margin.v1i2.45

Issue

Section

Articles