Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dengan Mutu Sekolah

Authors

  • Warisno Warisno STAI Ma'arif Kalirejo

DOI:

https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.50

Keywords:

Kompetensi Kepala Sekolah, Mutu Sekolah

Abstract

Mutu sekolah menjadi tangguung jawab bersama pemerintah, masyarakat, dan warga sekolah. Secara internal faktor-faktor yang mempengaruhi mutu sekolah di antaranya kepala sekolah, guru, sisiwa, karyawan, sarana prasarana pendidikan, pemerintah, peran serta masyarakat dan lingkungan. Dari beberapa faktor yang  turut serta dalam kaitannya mutu sekolah maka kompetensi kepala sekolah erat korelasi nya dengan mutu sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang kompetensi kepala sekolah terdiri lima aspek kompetensi, yaitu kepribadian, sosial, manajerial, supervisi, dan kewirausahaan. Observasi peneliti lakukan untuk mengetahui mengetahui keadaan yang sebenarnya mutu sekolah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh       r hitung 0,829, untuk mengetahui apakah terdapat koefisien korelasi yang signifikan antara kopetensi kepala sekolah dengan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Padangratu maka r hitung  perlu dibandingkan dengan r tabel dengan taraf kesalahan 1%  ( tingkat keprcayaan 99% ) dan n = 25 dalam tabel didapatkan harga r tabel  =  0,396.  Terbukti r hitung 0,829 >  r tabel  0,396 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat korelasi  yang signifikan antara kopetensi kepala sekolah dengan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Padangratu. Berdasarkan tabel  interpretasi koefisien korelasi harga  r hitung 0,829 termasuk korelasi tingkat tinggi dengan kontribusi sebesar 68,72%, selebihnya mutu sekolah berkorelasi  dengan faktor lain.

References

Ahmad Zayadi, Desain Pengembangan Sekolah, ( Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Renika Cipta, 2006

Bambang Sudibyo, Setandar Nasional Pendidikan,( Jakarta : Depdiknas, 2007

Djemari Mardapi, Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah, ( Jakarta : Depdiknas, 2007

Djarwanto, Pokok-pokok Metode Research dan Bimbingan Tehnis Penulisan Skripsi, Yogyakarta : Liberty, 1984

Encu Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung Remaja Rosda Karya, 2003 Koentjaraningrat, ed, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1990

M. Amin Thoib, Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta : Ditmapenda, 2005 ) Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta. Rineka Cipta. 1997

Muchtar Buchori, Transpormasi Pendidikan, ( Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1995 )

Pauline V. Young, Scietifich Social Suveys and Research, New Delhi: Prentic hall 1973 Slamet, PH, SMK Unggulan: Pengertian dan Pola Pengembangannya, Semarang: Penataran

dan lokakarya, 1995

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali, 1983 Januari 2010

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Renika Cipta, 2006

Umar, Husen, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003

Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandeung, Remaja Rosdakarya, 1989 Wahjosumidjo, kepemimpinan kepala Sekolah (tinjauan teoritik dan permasalahanya),

(Jakarta: Raja Grafindo persada, 2005

Yunus, Mahmud, Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim, Bandung : Al- Ma’arif, 1984 Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional, 1970

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Warisno, W. (2022). Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dengan Mutu Sekolah. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.50

Issue

Section

Articles