Korelasi Kompetensi Kepala Sekolah Dengan Mutu Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.50Keywords:
Kompetensi Kepala Sekolah, Mutu SekolahAbstract
Mutu sekolah menjadi tangguung jawab bersama pemerintah, masyarakat, dan warga sekolah. Secara internal faktor-faktor yang mempengaruhi mutu sekolah di antaranya kepala sekolah, guru, sisiwa, karyawan, sarana prasarana pendidikan, pemerintah, peran serta masyarakat dan lingkungan. Dari beberapa faktor yang turut serta dalam kaitannya mutu sekolah maka kompetensi kepala sekolah erat korelasi nya dengan mutu sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang kompetensi kepala sekolah terdiri lima aspek kompetensi, yaitu kepribadian, sosial, manajerial, supervisi, dan kewirausahaan. Observasi peneliti lakukan untuk mengetahui mengetahui keadaan yang sebenarnya mutu sekolah. Berdasarkan hasil analisis diperoleh r hitung 0,829, untuk mengetahui apakah terdapat koefisien korelasi yang signifikan antara kopetensi kepala sekolah dengan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Padangratu maka r hitung perlu dibandingkan dengan r tabel dengan taraf kesalahan 1% ( tingkat keprcayaan 99% ) dan n = 25 dalam tabel didapatkan harga r tabel = 0,396. Terbukti r hitung 0,829 > r tabel 0,396 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kopetensi kepala sekolah dengan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Padangratu. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi harga r hitung 0,829 termasuk korelasi tingkat tinggi dengan kontribusi sebesar 68,72%, selebihnya mutu sekolah berkorelasi dengan faktor lain.
References
Ahmad Zayadi, Desain Pengembangan Sekolah, ( Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Renika Cipta, 2006
Bambang Sudibyo, Setandar Nasional Pendidikan,( Jakarta : Depdiknas, 2007
Djemari Mardapi, Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah, ( Jakarta : Depdiknas, 2007
Djarwanto, Pokok-pokok Metode Research dan Bimbingan Tehnis Penulisan Skripsi, Yogyakarta : Liberty, 1984
Encu Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung Remaja Rosda Karya, 2003 Koentjaraningrat, ed, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1990
M. Amin Thoib, Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta : Ditmapenda, 2005 ) Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta. Rineka Cipta. 1997
Muchtar Buchori, Transpormasi Pendidikan, ( Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1995 )
Pauline V. Young, Scietifich Social Suveys and Research, New Delhi: Prentic hall 1973 Slamet, PH, SMK Unggulan: Pengertian dan Pola Pengembangannya, Semarang: Penataran
dan lokakarya, 1995
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali, 1983 Januari 2010
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Renika Cipta, 2006
Umar, Husen, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandeung, Remaja Rosdakarya, 1989 Wahjosumidjo, kepemimpinan kepala Sekolah (tinjauan teoritik dan permasalahanya),
(Jakarta: Raja Grafindo persada, 2005
Yunus, Mahmud, Tarjamah Al-Qur’an Al-Karim, Bandung : Al- Ma’arif, 1984 Zuhairini, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional, 1970
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Warisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.