Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Kepala sekolah atau kepala madrasah sebagai manajer pendidikan yang berada di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan atau membawa sekolah yang dipimpinnya memperoleh mutu pembelajaran yang baik. Keadaan tersebut tentunya dapat diwujudkan dengan baik, apabila kepala sekolah mampu menciptakan strategi yang relevan dengan kondisi dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Peran kepala sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan karena guru merasa mendapatkan perhatian, rasa aman dan pengakuan atas prestasi kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui stategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya penyajian data dengan menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisandari subjek yang diamati yaitu kepala sekolah, guru, siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi kepala sekolah pada aspek kinerja guru yang mencangkup pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi, pemberia penghargaan, sudah berjalan hanya saja ada beberapa strategi yang belum terlaksana secara maksimal. Kinerja guru yang mencangkup penyusunan perangkat pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar, dan tindak lanjut hasil pembelajaran dikategorikan sudah cukup baik, hanya saja dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode dan media pembelajaran masih kurang efektif.
References
Abdurrozaq, Moch. Strategi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, 2017, http://repository.radenintan.ac.id/603/1/SKRIPSI_LENGKAP.pdf
AM, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000)
Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1993)
-------------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Alimah, Nur. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatian Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Godongkusumo Yogyakarta, diakses http://eprints.uny.ac.id/1/NUR%ALIMAH.pdf
Azhar, Saifuddin. Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2002)
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul J, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Press, 2003)
Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia, (Jakarta: Pustaka Jaya, 1993)
Kuncoro, Mudrajat. Strategi Bagaimana Memperoleh Keunggulan Kompetitif, (Jakarta: Erlangga, 2006)
-------------, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, (Jakarta: Erlangga, 2006) Kementerian Pendidikan Nasional, Penilaian Kinerja Guru, (Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 2013)
Munir, Abdullah. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008) Mudi, Ahsanuddin. Profesional Sosiologi, (Jakarta: Mediatama, 2004)
Mukhtar, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP
Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan,
Vol. 3, No.3 (Agustus, 2015)
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet ke 9)
-------------, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003)
-------------, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
-------------, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2007) Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, (Bandung:2004)
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Yogyakarta: Arruzz Media, 2008)
Mukhtar, 2015, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Masjid Raya Kbupaten Aceh Besar, Diakses di Http://media.neliti.com/media/publications/93917-ID-strategi-kepala
sekolah-dalam-meningkatkan.pdf
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
-------------, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2005)
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Press Raja Grafindo Persada, 2013)
S, Danim. Inovasi Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2002)
SB, Djamarah. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, Cet. IV, 2004)
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Rosdakarya, Cet.IX, 1995) Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alvabeta.Cv, 2020)
-----------,2012,Https://ranahresearch.com/metode-penelitian-dan-jenis-metode
penelitian/ Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Cipta Pustaka, 2007)
Sondang, Siagian P. Manajemen Strategi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)
Sagala, Saiful. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfa Beta, 2009)
Sulistyorini, Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Madrasah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru, (Jakarta: Media Ilmu, 2001)
Saud, Saefudin. Pengembangan Profesi Guru, (Bandung: Alfa Beta, 2009) Sutadipura, Kompetensi Guru dan Kesehatan Mental, (Bandung: Angkasa, 2004)
Tim Penyusun Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Jakarta: Sinar Grafika, 2006)
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahsa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), Cet, 4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Feska Ajepri, Octa Vienti, Rusmiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.