Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Identitas Remaja

Authors

  • Hanif Umar Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.137

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Identitas Remaja, Interaksi Sosial

Abstract

Artikel ini membahas peran penting lingkungan sekolah dalam pembentukan identitas remaja. Identitas remaja dibentuk melalui interaksi yang kompleks antara berbagai faktor, di mana sekolah memainkan peran krusial. Sekolah tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar akademis, tetapi juga sebagai arena sosial di mana remaja mengembangkan keterampilan interpersonal, nilai-nilai, dan perilaku. Faktor-faktor seperti hubungan dengan teman sebaya, dukungan dari guru, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan implementasi kurikulum semuanya berkontribusi terhadap proses pembentukan identitas. Artikel ini menyoroti bagaimana lingkungan sekolah yang positif dan mendukung dapat membantu remaja menemukan jati diri mereka, membangun kepercayaan diri, serta mengembangkan potensi mereka secara optimal. Dengan memahami peran ini, diharapkan dapat tercipta ekosistem pendidikan yang holistik dan inklusif, yang mendukung perkembangan remaja menuju arah yang sehat dan konstruktif

References

Amelya, Nita, Majid Dany, Dela Rahayu, Mira Helmina, Ratu Fadia, and Zahra. 2023. “Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Sebagai Strategi Upaya Pencegahan Korupsi.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6769/4281.

Ayu Sendari, Anugrah. 2021. “Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Sebuah Tulisan Ilmiah.” Liputan6. 2021.

Fadlillah, Muhammad. 2017. “ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (1): 17–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i1.322.

Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. 2019. “Social Interaction in the Learning Process.” PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 7 (1): 149–66.

Idola, S, A Sano, and Khairani. 2016. “Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keadaan Lingkungan Fisik Sekolah Dengan Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (2): 30–34. http://jurnal.iicet.org.

Nasdian, Fredian Tonny. 2015. Sosiologi Umum. Buku Obor. Jakarta.

Oemar Hamalik. 2008. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksar. Jakarta.

Permendikbud, 2014. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.” Permendikbud No 63 Tahun 2014 53 (9): 1689–99. www.journal.uta45jakarta.ac.id.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Sahertian. 2010. Dimensi Administrasi Pendidikan. Usaha Nasi. Surabaya.

Suyanto, Dwi Narwoko & Bagong. 2014. Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan. Prenada. Jakarta.

Zein, Muh. 2016. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5 (2): 274–85.

Downloads

Published

28-07-2024

How to Cite

Umar, H., & Masnawati , E. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Identitas Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 191–204. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.137

Issue

Section

Articles