Penerapan Strategi Pembelajaran Beserta Pola Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri

Authors

  • Rifaul Eni Aisyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Nurwahyudi Nurwahyudi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah
  • Ummy Layyinatussifa Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.37

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Pendidikan

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dan efisien dalam mencapai tujuan pengajaran serta pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Semua sumber belajar , baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Se Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah. Tekhnik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara interview , observasi serta dokumentasi. Dan Hasil dari penelitian penerapan strategi pembelajaran beserta pola pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri Se Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah menunjukan bahwa Penerapan Pola penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang di lakukan di mayoritas SD Negeri di Kecamatan Kalirejo di antaranya menggunakan Metode Pembiasaan dan Teladan, Metode diskusi serta Metode Penugasan. Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi Pendidikan Agama Islam lebih menekankan bagaimana peserta didik mampu menguasai kajian keislaman tersebut sekaligus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, tetapi yang lebih penting adalah pada aspek afektif (sikap) dan psikomotornya (perilaku). Hasil dari Pendidikan Agama Islam adalah sikap perilaku (karakter) peserta didik sehari-hari yang sejalan dengan ajaran Islam.

References

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers 2002

Depag RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Jakarta : Pelita 2, 1977/1978

Direktorat Tenaga Kependidikan, Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya, Jakarta : Dipdiknas, 2008

Haiatin Chasanatin, Pengembangan Kurikulum (Pendidikan Agama Islam), Metro. 2009

Abu Ahmadi Dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, cet ke-2, Jakarta :Rineka Cipta, 2001

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Edisi Revisi, Jakarta Bumi Aksara, 2003

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,Madrasah dan Perguruan Tinggi Jakarta: Raja Grafindo Persada 2010

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet.6, 2013

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta,Sinar Grafika, 2003

Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya 2010

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1999

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran ; berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media, cet-8, 2011

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Eni Aisyah, R., Nurwahyudi, N., & Layyinatussifa, U. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Beserta Pola Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 210–219. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.37

Issue

Section

Articles