Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Widya Rahmawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah
  • Ambar Karyati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah
  • Kurniawan Kurniawan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif Kalirejo Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.58561/mindset.v3i1.143

Keywords:

Peran Guru, Motivasi Belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris meruapakan bahasa kedua sehingga mayoritas siswa mengalamai kesulitan dalam mempelajarinya. oleh karena itu peran guru dalam mengajar sangat dibutuhkan. Kemampuan guru dalam memahami karakter siswa, penyampaian materi ajar, pemilihan metode serta kemampuan guru dalam memanfaatkan informasi dan teknologi memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi pustaka (literature review) dengan  mempelajari teori-teori yang berasal dari sumber-sumberjurnal terpercaya. Kemapuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, pemilihan materi serta metode pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan karakter serta kebutuhan siswa terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.

References

A. Tabrani R. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya

Brown, H Douglas. (2001) Teaching by principles (An interactive approach to language pedagogy) Second edition.San francisco State University.

Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru. Edisi kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sukmadinata, N. S. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro.

Ted Rodgers. (1998). “The future of language teaching methodology”, Tefflin Journaleds Zuhridin Suryawinata dan Willy A renandya Volume IX Agustus1998.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group

Ubaidillah, Adhis. (2023). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris. Vol. 11 No. 02 (2023): Jurnal Al Ibtida'

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Media Abadi.

WS. Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Rahmawati, W. ., Karyati, A. ., & Kurniawan, K. (2024). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.58561/mindset.v3i1.143

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)