Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.58561/mindset.v3i1.143Keywords:
Peran Guru, Motivasi Belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris meruapakan bahasa kedua sehingga mayoritas siswa mengalamai kesulitan dalam mempelajarinya. oleh karena itu peran guru dalam mengajar sangat dibutuhkan. Kemampuan guru dalam memahami karakter siswa, penyampaian materi ajar, pemilihan metode serta kemampuan guru dalam memanfaatkan informasi dan teknologi memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi pustaka (literature review) dengan mempelajari teori-teori yang berasal dari sumber-sumberjurnal terpercaya. Kemapuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, pemilihan materi serta metode pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan karakter serta kebutuhan siswa terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
References
A. Tabrani R. (1994). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya
Brown, H Douglas. (2001) Teaching by principles (An interactive approach to language pedagogy) Second edition.San francisco State University.
Nana Sudjana dan Daeng Arifin. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Rusman. (2010). Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru. Edisi kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sukmadinata, N. S. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro.
Ted Rodgers. (1998). “The future of language teaching methodology”, Tefflin Journaleds Zuhridin Suryawinata dan Willy A renandya Volume IX Agustus1998.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group
Ubaidillah, Adhis. (2023). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris. Vol. 11 No. 02 (2023): Jurnal Al Ibtida'
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Media Abadi.
WS. Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Widya Rahmawati, Ambar Karyati, Kurniawan Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.