Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.58561/mindset.v3i1.134Keywords:
Internalisasi Nilai-Nilai, Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini menjelaskan konsep internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Rumbia, Lampung Tengah. Moderasi beragama sangat penting diterapkan didalam kehidupan sehari-hari untuk menjunjung tinggi persatuan, kemaslahatan, kebaikan dan perdamaian dunia. Salah satu upaya dalam membentuk moderasi beragama dapat di aplikasikan melalui pendidikan yakni memasukkan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan responden penelitian ini ditunjukkan kepada guru PAI & budi pekerti dan siswa SMA Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dapat dikembangkan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, kemudian dapat diterapkan melalui pembinaan keagamaan yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti sehingga yang pada akhirnya terbentuk sikap moderasi beragama dalam diri peserta didik.
References
ALkhmaldi, ALgus. 2019. “Moderalsi Beralgalmal Dallalm Keralgalmaln Indonesial.” Inovalsi-Jurnall Diklalt Kealgalmalaln 13(2):45–55.
ALlalm, Lukis. 2016. “Internallisalsi Nilali-Nilali Pendidikaln Islalm Dallalm Pergurualn Tinggi Umum Melallui Lembalgal Dalkwalh Kalmpus.” Istalwal: Jurnall Pendidikaln Islalm 1(2):101–19.
ALnshalri, Salifuddin. 2004. Walwalsaln Islalm: Pokok-Pokok Pikiraln Tentalng Palraldigmal Daln Sistem Islalm. Gemal Insalni.
Balli, Muhalmmald Mushfi El Iq, alnd Nurul Faldilalh. 2019. “Internallisalsi Kalralkter Religius Di Sekolalh Menengalh Pertalmal Nurul Jaldid.” Jurnall MUDALRRISUNAL: Medial Kaljialn Pendidikaln ALgalmal Islalm 9(1):1–25.
Gunalwaln, Heri, Malhlil Nurul Ihsaln, alnd Encep Suprialtin Jalyal. 2021. “Internallisalsi Nilali-Nilali Moderalsi Beralgalmal Dallalm Pembelaljalraln PALI Di SMAL ALl-Biruni Cerdals Mulial Kotal Balndung.” ALtthulalb: Islalmic Religion Tealching alnd Lealrning Journall 6(1):14–25.
Halnalfi, M. 2009. “Muchlis,‘Konsep ALl Walsalthialh Dallalm Islalm’, Halrmoni: Jurnall Multikulturall Daln Multireligius, Vol.” VIII, Nomor 32.
Hidalyalti, Nunung, Siti Malemunalh, alnd ALthoillalh Islalmy. 2021. “Nilali Moderalsi Beralgalmal Dallalm Orientalsi Pendidikaln Pesalntren Di Indonesial.” Tralnsformalsi : Journall of Malnalgement, ALdministralsion, Educaltion, alnd Religious ALffalirs 3(2):8.
Ikhsaln, ALndi, Sulalimaln Sulalimaln, alnd Ruslaln Ruslaln. 2017. “Pemalnfalaltaln Lingkungaln Sekolalh Sebalgali Sumber Belaljalr Di SD Negeri 2 Teunom ALceh Jalyal.” Elementalry Educaltion Resealrch 2(4).
Imeldal, ALde. 2017. “Implementalsi Pendidikaln Nilali Dallalm Pendidikaln ALgalmal Islalm.” ALl-Taldzkiyyalh: Jurnall Pendidikaln Islalm 8(2):227–47.
Khotimalh, Husnul. 2020. “Internallisalsi Moderalsi Beralgalmal Dallalm Kurikulum Pesalntren.” Ralbbalni: Jurnall Pendidikaln ALgalmal Islalm 1(1):62–68.
Muhalmmald, Rifqi. 2021. “Internallisalsi Moderalsi Beralgalmal Dallalm Stalndalr Kompetensi Kemalndirialn Pesertal Didik.” Jurnall Ilmialh ALl-Muttalqin 6(1):95–102.
Mulyalnal, Rohmalt. 2004. Mengalrtikulalsikaln Pendidikaln Nilali. ALlfalbetal.
Murdiyalnto, Eko. 2020. “Penelitialn Kuallitaltif (Teori Daln ALplikalsi Disertali Contoh Proposall).”
Novialni, Dwi, alnd Ekal Yalnualrti. n.d. “Internallisalsi Nilali-Nilali Moderalsi Beralgalmal Dallalm Kurikulum Merdekal Belaljalr Pendidikaln ALgalmal Islalm.” 57–68.
Nurdin, ALli, alnd Malulidaltus Syalhrotin Nalqqiyalh. 2019. “Model Moderalsi Beralgalmal Berbalsis Pesalntren Sallalf.” Islalmical: Jurnall Studi Keislalmaln 14(1):82–102.
Rohmaldi, Syalmsul Hudal. 2012. “Pengembalngaln Kurikulum Pendidikaln ALgalmal Islalm.” Yogyalkalrtal: ALralskal 143.
Shihalb, M. Quralish. 2000. “Talfsir ALl-Misbalh Pesaln, Kesaln Daln Keseralsialn ALl-Qur’aln, Vol. II Cet. I.” Jalkalrtal: Penerbit Lenteral Halti.
Suryaldi, Rudi ALhmald. 2022. “Implementalsi Moderalsi Beralgalmal Dallalm Pendidikaln ALgalmal Islalm.” Talklim: Jurnall Pendidikaln ALgalmal Islalm 20(1):12–26.
Zalmimalh, Iffalti. 2018. “Moderaltisme Islalm Dallalm Konteks Keindonesialaln.” Jurnall ALl-Falnalr 1(1):75–90.
Zilfial, Isnal, Nurhikmalh Uzalinalh, Hi Djaluhalr, Moh Rizki Balkir, alnd Siti Sulalstri ALprilial. 2024. “BALRALKALTI : Journall of Community Service Pengualtaln Nilali Moderalsi Beralgalmal Di SMK Swalstal Fomalrimoi Desal BALRALKALTI : Journall of Community Service.” 02(2):36–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chusnul Hidayah, Dedi Setiawan, Rina Mida Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.