Manajemen Pembelajaran Pendidikan Al-Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo
Keywords:
Manajemen, Pembelajaran, Al-IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah dengan memfokuskan pada 4 sub pokok bahasan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dan interpretasi data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dimana data tersebut diperoleh dari informan pada saat melakukan observasi di lokasi penelitian. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari artikel, skripsi, dan jurnal yang mendukung sumber data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah telah terlaksana sesuai dengan mekanisme pembelajaran dan terlaksana dengan baik berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk mencapai seluruh aspek manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam sangat bergantung pada komitmen dan kapabilitas pendidik terhadap manajemen pendidikan itu sendiri.
References
Abdillah, R. H. dan. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep,Teori dan Aplikasinya.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Amiruddin Siahaan, dkk., U. S. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6), 1707–1715.
Arif, M., Aziz, M. K. N. bin A., Harun, M., & Ma`arif, M. A. (2023). Strengthening The Sense of Patriotism in Madrasah Ibtidaiyah, Indonesia Based on The Islamic Boarding School System. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.226
Arsyam, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam ( Bahan Ajar Mahasiswa ) D I K T A T.
Badri, K. N. bin Z. (2022). Balanced Education According to Imam Al-Zarnuji. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(2), 135–147. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i2.177
Fatchurochman, N. (2021). Improving the Performance of Administrative Employees in Madrasah Aliyah Negeri 1 Serang Regency. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 331–341. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1505
Fatkhur Rohman, U. S. U. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.
Hanafi, I. R., Hidayah, D. J. A., Rofi’udin, R., Huda, M. Q., & Astuti, S. (2025). EFEKTIVITAS METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIREJO. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.51878/teaching.v5i1.4538
Harianto, E. (2018). Empat Pilar Pendidikan Muhammadiyah. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (APPPTMA), (7), 128– 131.
Hasbullah, H., Armadan, A., Yanti, D. S., Rais, M. A., & Hanafi, I. R. (2025). PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM MORNING DAY DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 11-22. https://doi.org/10.51878/teaching.v5i1.4565
Indonesia, U.-U. R. (2003). UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003.
Istiqomah, I. (2022). The Use of Business Model Canvas for The Organizational Development at the Al Hanif Integrated Islamic High School. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 103–115. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1945
J. Sudarminta, “Pendidikan dan Pembentukan Watak yang Baik”, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc.Ed., PT Grasindo, Jakarta, 2002
Komalasari, M., & Yakubu, A. B. (2023). Implementation of Student Character Formation Through Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.16
Mappasiara, U. A. M. (2018). PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 147. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940
Marno dan Triyo Supriyanto, Manajemen dan KepemimpinancPendidikan Islam, Refika Aditama, Bandung, 2008
Mathias Gemnafle dan Jhon Rafafy Batlolona, U. P. A. (2017). Manajemen Pembelajaran Modern. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 11(1), 99–132.
Matthew B. miles, A. Michael Huberman, and J. S. (2021). Qualitative Data Analysis. In Arizona State University. https://doi.org/10.4324/9781315697239-20
Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008
Muhaimin, dkk., Dimensi-dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya, 1994
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta, 2006
Muhammad Fadhli, I. L. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 216–240.
Muhlasin, U. I. N. S. S. K. R. (2019). Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar. Akademika, 15(1), 5–10.
Neliwati, N., Hasanah, U., Pringadi, R., Sirojuddin, A., & Arif, M. (2023). Curriculum Management in Improving The Quality of Student Learning and Academic Achievement. Munaddhomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 115–121. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.233
Nuraini, I. A. I. S. M. S. S. (2020). Administrasi Pembelajaran Di Kelas Inklusi Dan Kelas Klasifikasi. Jurnal Kajian Perbatasan ANtar Negara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(1), 111–123.
Nurcholish Madjid, Masyarakat Religius: Membumikan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat,, Paramadina, Jakarta, 2000
Rahmat, A. (2013). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan aplikasi. In Ideas Publishing.
Rofiq, M. H., & Nadliroh, N. A. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Sistem Kredit Semester Di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa Amanatul Ummah. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–92. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.269
Rohmah, S., Widhyahrini, K., & Maslikhah, M. (2023). Analisis Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dengan Teknik Whole Brain Teaching (WBT). Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 67–77. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.376
Sholihah, T. K., & Robikhah, A. S. (2023). Tradisi Pupak Puser: Implementasi dan Makna Simbolik Kearifan Lokal di Desa Takeranklating Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.371
Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Siti Ma’rifah Setiawati, S.P, S. (2018). Telaah Teori Apa Itu Belajar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Bumi Aksara, Jakarta, 2006
Sofyan Anif, U. M. S. (2012). Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan terhadap Profesionalitas Guru (Sebuah Kajian Implementasi Sertifikasi Guru dalam Jabatan). Varia Pendidikan, 24(1), 73–81.
Sudarwan Danim, Menjadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpian Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta, 2005
Sungkowo, Ilyas Rozak Hanafi, and Muhammad Qomarudinul Huda. Sejarah Pendidikan Islam. Batu: Literasi Nusantara, 2021.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya, Rajawali Pres, Jakarta, 2003
Wahyudin Nur Nasution, U. I. N. (UIN) S. U. M. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185–195.
Yamin, M., Basri, H., & Suhartini, A. (2023). Learning Management in Salaf Islamic Boarding Schools. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 25–36.
Yasin, A. F., Chakim, A., Susilawati, S., & Muhammad, S. H. (2023). Development of Islamic Religious Education Learning in Forming Moderate Muslims. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 22–36. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.227
Zainuri, A., & Saepuloh, S. (2022). Evaluasi Manajemen Media Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 255–263. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.267
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ninik Muhajiroh, Ilyas Rozak Hanafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.