Penerapan Fungsi Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMA TMI Raudlatul Quran Kota Metro

Authors

  • Dedi Lazwardi Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung
  • Nurwahyudi Nurwahyudi Sekolah Tinggi Agama Islam (Ma’arif) Kalirejo Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.58561/mindset.v3i2.165

Keywords:

Fungsi Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam upaya meningkatkan kinerja guru, menjelaskan respons guru terhadap kebijakan yang diterapkan oleh kepala sekolah, serta membuktikan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja guru di SMA TMI Raudlatul Quran Kota Metro. Subjek dalam penelitian ini mencakup para guru serta kepala SMA TMI Raudlatul Quran Kota Metro. Fokus utama penelitian ini adalah mengenai peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa salah satu faktor yang menghambat kepala SMA TMI Raudlatul Quran Kota Metro dalam meningkatkan kinerja guru adalah kurangnya sarana dan prasarana pendidikan. Kondisi ini dapat dilihat dari sedikitnya buku paket pembelajaran yang tersedia di perpustakaan, yang mengakibatkan guru dan siswa kesulitan untuk mengakses buku tersebut secara menyeluruh, sehingga mereka harus bergantian meminjam. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah belum berhasil dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah ini, disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, minimnya kegiatan tambahan untuk guru, serta kurangnya kesadaran guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Teropong Pendidikan Kita 2006. Pusat dan

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Latif, M. (2018). Teori Manajemen Pendidikan: Edisi Pertama. Prenada Media. Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif, cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rukhmana, T., Darwis, D., IP, S., Alatas, A. R., SE, M., Tarigan, W. J., ... & S ST, M. M. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Suharsimi, A. (1993). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tumanggor, A., Tambunan, J. R., SE, M., & SIMATUPANG, P. (2021). Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Lazwardi, D., & Nurwahyudi, N. (2024). Penerapan Fungsi Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMA TMI Raudlatul Quran Kota Metro. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 97–112. https://doi.org/10.58561/mindset.v3i2.165

Issue

Section

Articles